Bagaimana membujuk anak yang tertutup agar mau bercerita tentang masalah yang tengah diembannya

KPAI

Komisi Perlindungan Anak Indonesia

021-319 015 56


Komisi Perlindungan Anak Indonesia, disingkat KPAI, adalah lembaga independen Indonesia yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dalam rangka meningkatkan efektifitas penyelenggaraan perlindungan anak. Keputusan Presiden Nomor 36/1990, 77/2003 dan 95/M/2004 merupakan dasar hukum pembentukan lembaga ini


0
0

Saya anisa saya baru saja lulus tingakat SLTA tahun ini. Saya mempunyai adik perempuan yang masih duduk di bangku SMP. Dalam kurun waktu 4 atau 5 bulan sekali saya mengunjugi adik saya yg tinggal dengan orang tua di kampung, saya khawatir dengan adik saya yang belakangan ini murung, sedih,diam dan tidak mau keluar bermain bersama temannya seperti biasanya.

Saya selalu pancing adik saya bercerita dengan memulai kisah2 yg pernah saya alami saat SMP untuk memastikan apakah perbedaan status sosial yg saya alami dulu terjadi juga pada dirinya?

Kami dari keluarga yang ekonominya menengah ke bawah, dan biasanya perbedaan status sosial dilingkungan sekolah adik saya itu biasa terjadi dan diskriminasi.

Belum lagi keadaan di rumah kami yang selalu ribut, ibu saya selalu merasa tertekan batin karena sakit yang dialaminya dan amarahnya selalu dilampiaskan kepada kami, terutama adik saya. Saya takut mental adik saya rusak yg selalu penuh tekanan dalam setiap harinya baik di sekolah maupun dirumah. Sebagai kakak saya selalu memberikan dukungan kepadanya, mengarahkan agar ia memaklumi ibu kami.

Sebagai kakak tentu saya khawatir dengan perubahan murung yg adik saya alami, dan yang saya cemaskan dampak dari tekanan yg ia dapatkan sehari-hari megantarkannya pada prilaku menyimpang mengingat lingkungan kami yang kurang bagus.

"Apa yang harus saya lakukan agar adik saya mau terbuka dengan saya meski saya jauh darinya?"

  • You must to post comments
Showing 0 results
Your Answer
Post as a guest by filling out the fields below or if you already have an account.
Name*
E-mail*
Website