Bullying di rumah

KPAI

Komisi Perlindungan Anak Indonesia

021-319 015 56


Komisi Perlindungan Anak Indonesia, disingkat KPAI, adalah lembaga independen Indonesia yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dalam rangka meningkatkan efektifitas penyelenggaraan perlindungan anak. Keputusan Presiden Nomor 36/1990, 77/2003 dan 95/M/2004 merupakan dasar hukum pembentukan lembaga ini


0
0

Assalamualaikum wr wb, selamat sore.

Saya hendak bertanya bagaimana jika bullying itu terjadi di lingkungan rumah kita? di dalam rumah kita sendiri.

Apa yang harus dilakukan sang anak jika ia merasa orangtuanya membully dirinya? Meski mungkin saja orangtuanya melakukan hal tersebut tanpa ia sadari dan tanpa ia kehendaki. Salah satu contoh kasusnya adalah misalnya orangtua yang menjadikan tolak ukur keberhasilan sang kakak untuk dapat memotivasi sang adik. padahal hal tersebut ternyata sangat menyakiti hati sang adik, karena kemampuan dan keahlian masing-masing orang tentu saja berbeda meskipun berada di lingkungan dan keturunan yang sama. contoh lainnya adalah sang orangtua selalu mengangap remeh kemampuan yang dimiliki sang anak, misalnya kemampuan berbahasa inggris. sang orangtua sering menertawakan sang anak ketika mau belajar bahasa inggris di rumahnya, apalagi ternyata kemampuan sang kakak memang lebih baik dari sang adik dalam berbahasa inggris. Orangtua seolah menguji dan kemudian meremehkan, meski disisi lain orangtua berusaha membimbing agar anak tersebut mengikuti kursus. Tapi akibat perlakuan tersebut sang anak menjadi tidak percaya diri, bahkan sangat tidka percaya diri sehingga meskipun sudah belajar bahasa inggris ia sulit untuk dapat mempraktekannya dan mengimplementasikan apa yang sudah dipelajarinya.

Terimakasih sebelumnya, saya harap anda dapat menjawab pertanyaan saya.

kind regards, agtesya nuraras 

  • You must to post comments
0
0

Mungkin, dari pandangan si anak tersebut harus terus berusaha dalam meladeni tuntutan orangtua karena dengan orang tua melihat kegigihan anaknya dalam berusaha orang tua pasti akan tergerak hatinya, atau mungkin menunjukan prestasi si anak dalam bidang lain, atau kalau si anak belum mengetahui potensi di dalam dirinya cobalah dengan mendekati orang tuanya untuk mengetahui motif tuntutan sang orang tua, bisa juga menanyakan langsung kenapa orang tua menuntut hal tersebut?

Tapi cara yang terakhir terlalu beresiko, SALAM DAMAI..

  • You must to post comments
Showing 1 result
Your Answer
Post as a guest by filling out the fields below or if you already have an account.
Name*
E-mail*
Website