Perilaku seperti ini apakah termasuk bullying?

KPAI

Komisi Perlindungan Anak Indonesia

021-319 015 56


Komisi Perlindungan Anak Indonesia, disingkat KPAI, adalah lembaga independen Indonesia yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dalam rangka meningkatkan efektifitas penyelenggaraan perlindungan anak. Keputusan Presiden Nomor 36/1990, 77/2003 dan 95/M/2004 merupakan dasar hukum pembentukan lembaga ini


0
0

Jadi seperti ini misal dalam sebuah pertemanan, ada satu anak yang sering mendapat ejekan bernama A, walaupun niatnya hanya sebuah guyonan tapi bagi si A itu sangat menyakiti hatinya. Tapi mereka tetap berteman sampai bertahun tahun. Suatu ketika si A diajak kumpul bareng di sebuah kafe, namun si A menolak karena tidak mendapat ijin orang tua. Teman-temannya langsung memberikan tuduhan "dasar anak mama", perkataan tersebut dilakukan berulang ketika si A selalu menolak ajakan nongkrong bareng. Apakah hal tersebut masuk kategori bullying?

  • You must to post comments
0
0

Halo, Fatima. Perkenalkan nama saya Suci. Mengenai kebiasaan labelling atau memberi julukan terhadap orang lain, bagi saya hal itu lumrah saja jika orang yang dipanggil dengan julukan tersebut tidak merasa sakit hati, karena mungkin untuk tujuan agar terkesan lebih akrab. Namun, apabila ada dua indikasi berikut, maka dapat dikategorikan sebagai tindakan perundungan atau bullying. Berikut adalah dua indikasinya: Pertama, niat memberi julukan adalah untuk menghina dan merendahkan orang lain. Kedua, orang yang diberi julukan merasa sakit hati.

  • You must to post comments
Showing 1 result
Your Answer
Post as a guest by filling out the fields below or if you already have an account.
Name*
E-mail*
Website