Inilah Aksi Pertama Sudah Dong di Surabaya

Inilah Aksi Pertama Sudah Dong di Surabaya

image1 (1)

Minggu (28/2) ini, Sudah Dong Surabaya melakukan aksi pertama kali terjun di tengah masyarakat kota Surabaya yang sedang bersantai dan berolahraga sambil menikmati sejuknya udara pagi hari di CFD Taman Bungkul. Sepuluh relawan Sudah Dong Surabaya yang terdiri dari berbagai universitas di Surabaya turut membantu memperkenalkan Sudah Dong sebagai komunitas anti bullying, dan yang terpenting adalah tujuan Sudah Dong mengedukasi masyarakat untuk mencegah terjadinya perilaku bullying, baik di lingkungan keluarga, sekolah maupun media sosial.

Sosialisasi Sudah Dong Surabaya umumnya menyasar kalangan anak-anak sekolah mulai dari SD hingga SMP, karena jangkauan usia sekolah mereka sangat rawan menerima bullying. Sudah Dong Surabaya tanpa terkecuali mengedukasi dan mengajak para orang tua agar melindungi anaknya dari bahaya bullying dan melarang untuk mem-bully anaknya, karena bisa mengakibatkan si anak menjadi terhambat pengembangan dirinya.

Para relawan Sudah Dong Surabaya melakukan sosialisasi kepada beberapa pemuda yang berkenan memberikan kesempatan untuk relawan mengedukasi tentang bahaya bullying. Salah satu relawan kami, Agung sempat bertanya kepada 4 anak, “Adik-adik tahu bullying, Bagaimana cara kalian menghadapi bullying dari teman sekelas?”. Salah satu anak menjawab, “Pernah kak, tapi kita tidak anggap serius. Kita anggap sebagai candaan, tapi kalau sampai menghina kami akan lapor ke guru”. Semua anak yang kami tanyai pernah mengalami bullying, mereka merasa terganggu dan berat hati tiap kali masuk sekolah selalu mendapat ejekan dari teman sekelas, sangat memprihatinkan bullying sudah membudaya di kalangan pelajar.

Antusiasme masyarakat juga tinggi melihat keberadaan Sudah Dong Surabaya sebagai komunitas yang menentang keras segala tindakan yang bersifat bullying. Atensi para pelajar dan orang tua dengan seksama mendengar penjelasan edukasi mengenai bullying dari para relawan Sudah Dong Surabaya. Pada akhirnya, semua juga ikut menolak keras bullying, ikut meneriakkan We Against Bullying! Gerakan Anti Bullying, Sudah Dong Surabaya.

Comments are closed.