fbpx

Dari Inisiator

Dalam suatu kesempatan, saya bertemu dengan seorang anak perempuan yang berhenti sekolah karena dia di-bully. Ini adalah sebuah tragedi untuk bangsa yang telah merdeka lebih dari setengah abad, dimana seorang anak yang mempunyai mimpi untuk menjadi dokter tidak bisa mencapai cita-citanya karena kehilangan pendidikan yang bisa membebaskan dirinya dari jurang kemiskinan. Ini adalah salah satu kasus yang saya temukan dari banyak kasus bullying yang menimpa anak Indonesia. Pengalaman ini tentu memberikan motivasi bagi saya untuk membawa perubahan kedepan, agar anak-anak Indonesia bisa meraih impiannya.

Saya menginisiasi gerakan Sudah Dong untuk meningkatkan kesadaran tentang dampak negatif bullying melalui media sosial dan juga melalui beberapa kegiatan offline. Saya sadari bahwa gerakan ini tidak hanya menyentuh kalangan terdekat, tapi harus mampu mencapai kalangan yang paling terpinggirkan dan rentan, dimanapun mereka berada diseluruh pelosok Indonesia. Semoga semua anak-anak di seluruh tanah air bisa mengekspresikan bakat dan belajar tanpa harus takut akan tekanan atau hinaan agar Indonesia mampu berkompetisi secara sehat di dalam era globalisasi, mencapai kesejahteraan global serta mewujudkan Indonesia yang kita cita-citakan bersama.

Program Sudah Dong

Sudah Dong memiliki program-program untuk mengurangi kasus bullying di Indonesia.

Edukasi

Pembentukan Komunitas
Anti-Bullying

Advokasi Korban Bullying

Milestone

Perjalanan Sudah Dong dalam meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap isu bullying.

Langkah Awal Sudah Dong

Terbentuknya Komunitas Sudah Dong & mulai menginisiasi kegiatan ‘Sudah Dong Goes to School’.

Kolaborasi & Penghargaan oleh UNICEF

  • Katyana Wardhana, pendiri Sudah Dong, bersama beberapa tokoh lainnya memperoleh penghargaan Champions4Children dari UNICEF Indonesia dan Markplus Institute.
  • Sudah Dong tergabung dalam Gerakan ‘Youth Network on Violence Against Children (YNVAC)’, oleh UNICEF indonesia.

Kampanye Think Before You Share & Rayakan Namamu

  • Menjalin kolaborasi perdana dengan Facebook dan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB), melalui program ‘Think Before You Share’.
  • Sudah Dong berkolaborasi bersama Coca Cola dalam kampanye ‘Rayakan Namamu’, yang berpesan untuk menyadarkan masyarakat Indonesia akan keindahan sebuah nama dan bahaya yang timbul akibat perilaku bullying.

Aksi Solidaritas Anti Bullying

Menyelenggarakan Aksi Solidaritas Anti Bullying bersama sejumlah komunitas sosial dan masyarakat, sebagai bentuk komitmen dan konsistensi Sudah Dong untuk meningkatkan kepedulian publik dalam menyuarakan semangat melawan bullying.

Diskusi Bersama Facebook

Kembali berkolaborasi bersama Facebook & sejumlah sekolah/universitas di Indonesia melalui program diskusi portal keamanan penggunaan internet bagi anak-anak dan orang tua oleh Facebook.

Sudah Dong
Aktif Bergerak di...

Sudah Dong membuka kesempatan bagi kawan-kawan untuk menyuarakan semangat melawan bullying di daerah masing-masing.

TOP